Wednesday 23 August 2017

Ruang Diskusi Bersama Labu dan MiKA

persiapan sebelum sharing- dokumentasi pribadi

Dan hari yang ditunggu-tunggu (entah siapa) itu pun tibalah. Deg-degan?
Yah, nggak setegang waktu Bincang Edukasi membawa Benji sih. Mungkin ini yah, bedanya anak pertama dan anak kedua. Hahaha.

Oke, meski kegiatan kali ini kepala sukunya MiKA, tentu saja Kakak Kriwil alias Benji dibawa serta. Eh, nggak hanya itu...karena diskusi ini ramah anak, saya dan Mbak Terra dari Labu membuat pojok anak. 
Asyik, kan?
dokumentasi pribadi

suasana pagi, sambil menunggu - Alice dan Bubi. dokumentasi pribadi.

Acara dibuka oleh Mbak Terra yang sedikit memperkenalkan tentang Lentera Anak Bumi alias Labu, visi misi, dan tujuannya. Kamu masih inget, kan? Iya, menumbuhkembangkan keterampilan hidup atau yang dikenal dengan istilah life-skill. Tujuannya, agar nanti ketika terjun di masyarakat, anak-anak mampu memecahkan setiap permasalahan yang terjadi dan tidak bergantung pada orang lain. Menuju sukses!

Mbak Terra dari Labu. dokumentasi pribadi.
Setelah itu, acara diskusi pun dimulai. Diawali dengan materi-materi seputar kemandirian dan mengapa sih ada yang namanya sekolah? Kami menyamakan persepsi tentang kemandirian, mengenal cara-cara menumbuhkan kemandirian sejak dini, lalu berefleksi, "Kira-kira bagaimana ya perasaan anak ketika pergi ke sekolah?"
Para peserta diminta menutup mata, sementara Mbak Terra (yang juga merupakan bagian dari kelompok Dongeng Bengkimut) bercerita dan mengajak mereka ke suatu tempat r-a-h-a-s-i-a. 

si sayah dan si slide manual. dokumentasi oleh Mbak Terra

Games Refleksi oleh Mbak Terra. dokumentasi pribadi.
Puncak acara, kami berdiskusi seru berdasarkan pengalaman dengan anak masing-masing- terutama yang berhubungan dengan pergi ke sekolah. 

suasana diskusi. dokumentasi pribadi
Seru deh! 
Saya senang sekali melihat antusias peserta untuk terlibat aktif, baik saat serius menyimak, menggebu-gebu bertanya, atau membagikan pengalaman dengan sabar dan bijak.
Buat saya hari ini, saya justru belajar lebih banyak dari mereka. Dan semoga juga, itu yang kalian semua rasakan, ya :) 

Sebelum acara berakhir dan foto bersama, dua orang peserta mendapat hadiah buku MiKA. Yang pertama Bubi Alice karena pertanyaan dan sharing pengalamannya sungguh inspiratif dan Kak Astri- satu-satunya peserta mahasiswa yang niat belajarnya patut diacungi jempol. 

foto bersama. dokumentasi Kak Deta
Terima kasih untuk kehadirannya hari ini, ya. Terima kasih karena sudah meluangkan waktu dan berbagi.  Semoga sebagai orang tua, kita selalu semangat menjadi pendidik pertama dan utama anak-anak :)

Terima kasih sudah menyediakan tempat-kopi-teh-kue enak, Mbak Vero-nya Kopi Bengawan. Dan tidak lupa, terima kasih untuk Kak Deta yang sudah menyempatkan hadir dan mengambil foto kami semua. Terima kasih untuk dukungannya selalu ya, Kak Deta.

Sampai bertemu di acara lainnya,
Tetap semangat!
\(^0^)/

No comments:

Post a Comment